Sunday, September 17, 2017

Cara Pergi ke Pulau Sumba

Kamu pasti sedang mencari cara untuk pergi ke Pulau Sumba yang indah dan menawan itu bukan? Disini kamu akan menemukan jawabannya. Cara pergi ke Sumba yang kita bahas kali ini adalah cara yang ditempuh melalui alat transportasi pesawat terbang ya guys. Sebenarnya alat transportasi ke Sumba selain menggunakan pesawat juga bisa menggunakan kapal tetapi disini hanya dibahas cara pergi ke Sumba dengan alat transportasi pesawat terbang ya, soalnya penulis belum pernah naik kapal untuk pergi ke Sumba, maafkan yak.

Cara untuk dapat pergi ke Sumba sebenarnya terbilang mudah karena ada 2 (dua) Bandara di Pulau ini yaitu di Sumba Timur dan Sumba Barat Daya. Di Sumba Timur Bandaranya terletak di Waingapu dengan nama Bandara Umbu Mehang Kunda Waingapu, sedangkan di Sumba Barat terletak di Tambolaka dengan nama Bandara Tambolaka.


1. Pergi ke Sumba melalui Bandara Umbu Mehang Kunda - Waingapu, Sumba Timur

Bandara ini terletak di Ibukota Kabupaten Sumba Timur yaitu Waingapu. Untuk pergi ke Waingapu kamu harus terbang melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali atau Bandara El Tari di Kupang.

Denpasar - Waingapu
Penerbangan langsung ke Waingapu melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar tersedia setiap hari, untuk maskapai Wings Air dengan menggunakan pesawat jenis ATR 72 (durasi penerbangan sekitar 1 jam 30 menit) dan setiap Selasa-Kamis-Sabtu untuk maskapai NAM Air dengan menggunakan pesawat jenis Boeing 737 (durasi penerbangan sekitar 1 jam 5 menit). Adapun jadwal penerbangannya sebagai berikut:


  • Wings Air Bali/Denpasar (DPS) - Waingapu (WGP) Pukul 09.50 WITA. Penerbangan Setiap Hari. 
  • NAM Air Bali/Denpasar (DPS) - Waingapu (WGP) Pukul 10.20 WITA. Penerbangan Setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu.
Harga tiket dari Bali/Denpasar ke Waingapu pada hari biasa sekitar Rp600ribuan tetapi jika hari besar atau seat sudah hampir penuh bisa sampai sejutaan.

Kupang - Waingapu
Penerbangan langsung ke Waingapu melalui Bandara El Tari Kupang tersedia setiap hari, untuk maskapai Wings Air dengan menggunakan pesawat jenis ATR 72 (durasi penerbangan sekitar 1 jam) dan NAM Air dengan menggunakan pesawat jenis Boeing 737 (durasi penerbangan sekitar 40 menit). Adapun jadwal penerbangannya sebagai berikut:
  • Wings Air Kupang (KOE) - Waingapu (WGP) Pukul 06.00 WITA. Penerbangan Setiap Hari. 
  • NAM Air Kupang (KOE) - Waingapu (WGP) Pukul 11.35 WITA. Penerbangan Setiap Minggu, Senin, Rabu, Jumat.
  • NAM Air Kupang (KOE) - Waingapu (WGP) Pukul 13.10 WITA. Penerbangan Setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu.
Harga tiket dari Kupang ke Waingapu pada hari biasa sekitar Rp400ribuan tetapi jika hari besar atau seat sudah hampir penuh bisa hampir sejutaan.

2. Pergi ke Sumba melalui Bandara Tambolaka, Sumba Barat Daya

Bandara Tambolaka. Sumber Foto : gemalaputri.blogspot.co.id
Bandara ini terletak di Kabupaten Sumba Barat Daya yaitu Tambolaka. Untuk pergi ke Tambolaka kamu harus terbang melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali, Bandara El Tari di Kupang, atau Bandara Hasan Aroeboesman di Ende.

Denpasar - Tambolaka
Penerbangan langsung ke Tambolaka melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar tersedia setiap hari, untuk maskapai Wings Air dengan menggunakan pesawat jenis ATR 72 (durasi penerbangan sekitar 1 jam 25 menit), maskapai Garuda Indonesia dengan menggunakan pesawat jenis Bombardier CR1000 (durasi penerbangan sekitar 1 jam 10 menit), dan maskapai NAM Air dengan menggunakan pesawat jenis Boeing 737 (durasi penerbangan sekitar 50 menit). Adapun jadwal penerbangannya sebagai berikut:
  • Wings Air Denpasar (DPS) - Tambolaka (TMC) Pukul 10.20 WITA. Penerbangan Setiap Hari. 
  • Garuda Indonesia Denpasar (DPS) - Tambolaka (TMC) Pukul 13.05 WITA. Penerbangan Setiap Hari.
  • NAM Air Denpasar (DPS) - Tambolaka (TMC) Pukul 13.10 WITA. Penerbangan Setiap Hari.
Harga tiket dari Denpasar ke Tambolaka pada hari biasa sekitar Rp500ribuan tetapi jika hari besar atau seat sudah hampir penuh bisa hampir sejutaan.

Kupang - Tambolaka
Penerbangan langsung ke Tambolaka melalui Bandara El Tari Kupang tersedia setiap hari, untuk maskapai Wings Air dengan menggunakan pesawat jenis ATR 72 (durasi penerbangan sekitar 1 jam 20 menit), maskapai Garuda Indonesia dengan menggunakan pesawat jenis Bombardier CR1000 (durasi penerbangan sekitar 1 jam), dan maskapai NAM Air dengan menggunakan pesawat jenis Boeing 737 (durasi penerbangan sekitar 1 jam). Adapun jadwal penerbangannya sebagai berikut:
  • Wings Air Kupang (KOE) - Tambolaka (TMC) Pukul 13.35 WITA. Penerbangan Setiap Hari. 
  • Garuda Indonesia Kupang (KOE) - Tambolaka (TMC) Pukul 09.35 WITA. Penerbangan Setiap Hari.
  • NAM Air Kupang (KOE) - Tambolaka (TMC) Pukul 06.45 WITA. Penerbangan Setiap Minggu, Senin, Rabu, Kamis, dan Jumat.
Harga tiket dari Kupang ke Tambolaka pada hari biasa sekitar Rp500ribuan tetapi jika hari besar atau seat sudah hampir penuh bisa hampir sejutaan.


Ende - Tambolaka
Penerbangan langsung ke Tambolaka melalui Bandara Hasan Aroeboesman Ende tersedia setiap hari, untuk maskapai Wings Air dengan menggunakan pesawat jenis ATR 72 (durasi penerbangan sekitar 45 menit). Adapun jadwal penerbangannya sebagai berikut:
  • Wings Air Ende (ENE) - Tambolaka (TMC) Pukul 07.00 WITA. Penerbangan Setiap Hari. 
Harga tiket dari Ende ke Tambolaka pada hari biasa sekitar Rp500ribuan tetapi jika hari besar atau seat sudah hampir penuh bisa hampir sejutaan.

Waktu tulisan ini dibuat info diatas merupakan penerbangan yang sudah update, jika ada masukan atau info lain yang perlu penulis tambahkan, jangan segan-segan untuk menulisnya di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat, feel free to ask, thank you.


Update 

Beberapa transportasi darat untuk menjelajah Sumba :
Beberapa waktu yang lalu saya mendapat masukan di komentar untuk memberi informasi perjalanan darat yang ada di Sumba. Jika teman-teman adalah backpacker sehingga belum disediakan oleh jasa agen tour dan travel untuk perjalanan daratnya, berikut ada beberapa transportasi darat yang saya ketahui :

1. Ojek / Taksi Bandara
Saat kamu keluar dari terminal kedatangan bandara, pasti akan ada banyak orang yang akan menawarkan jasa ojek dan taksi. Perbedaan dari keduanya hanya di jenis kendaraannya saja, ojek adalah kendaraan roda dua/sepeda motor sedangkan taksi adalah kendaraan roda empat / mobil. Taksi Waingapu bukanlah taksi resmi dengan plat warna kuning seperti di kota-kota besar, taksi di Waingapu merupakan kendaraan plat hitam yang menawarkan jasa antar penumpang. Untuk tarif, biasanya dari Bandara ke Kota Waingapu, Ojek Rp25ribu dan Taksi Rp50ribu.

2. Sewa Mobil
Setelah kamu sampai di hotel, biasanya pihak hotel juga menawarkan paket perjalanan ke tempat-tempat wisata. Tarifnya pun bermacam-macam tergantung dari lokasi yang ingin dikunjungi. Selain dari pihak hotel, di Kota Waingapu ada tempat di dekat taman kota yang menyewakan mobil, bisa dibawa sendiri (lepas tanpa driver), harga sewanya Rp400ribu per 12 jam untuk mobil Avanza, dan Rp1.250ribu per 12 jam untuk Hilux.
Saya juga sempat memfoto tarif sewa mobil hotel Tanto (kebetulan waktu itu diajak teman mencari persewaan mobil) harga sewa di hotel ini sudah termasuk sopir. Selain itu ada foto mobil yang disewakan di dekat taman kota. Mungkin bisa menjadi referensi buat teman-teman ya, berikut fotonya :
Foto harga sewa mobil di Hotel Tanto
Foto mobil yang disewakan di dekat taman kota

Jika kalian berencana ingin berwisata, menurut saya sebaiknya menggunakan jasa agen tour and travel yang sudah biasa mengantarkan tamu sehingga tidak repot ketika ada di Sumba dan bisa merencanakan wisata dengan lebih baik. Tetapi jika hanya mampir dan ingin keliling ke wisata sekitar Waingapu, mungkin sewa mobil bisa jadi alternatif.


EmoticonEmoticon