Wednesday, August 23, 2017

Pantai di Sumba Timur yang jauh dari Kota Waingapu

Pantai-pantai di Sumba memang elok dan menawan. Jika sebelumnya kita sudah membahas pantai-pantai yang dekat dengan Kota Waingapu dengan waktu perjalanan paling lama satu jam perjalanan saja. Kali ini kita akan membahas pantai-pantai yang letaknya lumayan jauh dari Kota Waingapu tetapi masih masuk dalam wilayah Kabupaten Sumba Timur.

Pantai yang jauh dari Kota Waingapu yang saya bahas disini adalah pantai di Sumba Timur yang pernah saya kunjungi ya. Mungkin masih banyak pantai-pantai di Sumba Timur yang ada tetapi tidak saya bahas disini karena saya belum pernah berkunjung ke pantai-pantai di Sumba Timur yang tidak saya sebutkan disini. Kebetulan pantai Sumba ini letaknya berada di bagian selatan Pulau Sumba / Pantai Selatan Sumba.


Pantai-pantai yang akan kita bahas kali ini letaknya agak jauh ya, paling dalam satu hari hanya satu pantai saja yang bisa dikunjungi. Waktu perjalanannya juga memakan waktu yang cukup lama, tetapi memang pantainya bagus dan bisa buat surfing loh!

Yuk, langsung saja kita bahas pantai di Sumba Timur yang jauh dari Kota Waingapu :

1. Pantai Tarimbang

Pantai ini terletak di Desa Tarimbang, Kecamatan Tabundung, Kabupaten Sumba Timur. Salah satu pantai Sumba yang elok ini berjarak sekitar 120 Km dari Kota Waingapu. Waktu yang diperlukan untuk ke pantai di selatan Sumba ini sekitar dua sampai tiga jam perjalanan dari Kota Waingapu. Kondisi jalan dari Kota Waingapu ke Pantai Tarimbang  sebagian besar sudah aspal.

Pantai ini memiliki pasir yang begitu lembut, mungkin bisa dibilang seperti tepung karena pasir Pantai Tarimbang ini sangat halus. Pasir pantai selatan Sumba ini berwarna putih, sangat serasi dengan warna air lautnya yang berwarna biru gradasi sehingga menghasilkan warna yang indah dan menawan. Ombak di Pantai Tarimbang ini sangat bagus untuk berselancar, banyak turis asing yang jauh-jauh datang ke Sumba untuk menjajal ombak di Pantai Tarimbang, Sumba Timur ini. Saya sendiri pernah bertemu dengan turis asing (bule) waktu datang ke Pantai Tarimbang.

Selain pasir dan air lautnya, pantai selatan Sumba ini memiliki batuan alami yang sangat bagus. Untuk dapat melihat batu-batuan ini kita dapat berjalan ke sebelah kanan pantai Tarimbang.

Saya sudah dua kali mengunjungi pantai pantai selatan Sumba ini, yang pertama hanya berkunjung saja bersama teman-teman. Yang kedua, ketika kantor mengadakan acara capacity building di Pantai Tarimbang ini. Pantai ini sangat cocok untuk capacity building sambil menikmati keindahan pantai karena pasirnya yang sangat luas dan halus.

Untuk penginapan di sekitar Pantai Tarimbang, waktu itu kami menginap di Peter's Magic Paradise, menurut beberapa referensi yang saya baca menginap di penginapan dekat pantai Tarimbang ini sekitar sejutaan. Penginapan ini menawarkan konsep eco living, di kamar tidak ada colokan listrik, kamar mandinya terletak di bawah kamar dan tanpa penutup alias terbuka ke hutan. Tapi dari kamar yang lain tidak bisa mengintip kok.

Di dekat pantai, katanya juga ada penginapan dengan harga yang lebih murah, tetapi saya sendiri belum pernah menginap disana, saat saya lewat lebih terlihat seperti rumah warga daripada sebuah penginapan.

Baca juga : 6 Wisata Pantai di Sumba Timur yang Dekat dengan Kota Waingapu

2. Pantai Watuparunu

Pantai Watuparunu terletak di Desa Lainjanji Kecamatan Wulla Waijelu Dengan jarak 162 Km dari Kota Waingapu. Perjalanan dari Kota Waingapu ke Pantai Watuparunu dapat kita tempuh dalam waktu sekitar 2 sampai 3 jam perjalanan. Kondisi jalan ke Watuparunu sebagian besar sudah aspal, hanya sedikit jalan masuk ke pantai yang masih perlu perbaikan.

Pantai Watuparunu memiliki pasir yang luas. Di bagian kanan pantai kita bisa melihat tebing yang sangat indah, tetapi untuk dapat melihat tebing ini kondisi air laut harus pada saat surut sehingga kita dapat berjalan menuju tebing tersebut.

Saya ke pantai ini dengan teman-teman kantor. Waktu saya kesana kondisi air agak surut sehingga dapat mengunjungi tebing batu. Tebing di Watuparunu ini sangat bagus, begitu tinggi dan alami. Saya tidak sempat mandi waktu itu, hanya menikmati keindahan tebing dan berfoto saja.

Di dekat Pantai Watuparunu ini tidak ada tempat penginapan maupun tempat makan sehingga sebaiknya membawa bekal sendiri ya. Menurut beberapa informasi penginapan terdekat ada di dekat Pantai Kalala dengan jarak yang cukup jauh.

3. Pantai Kalala

Pantai Kalala terletak 124 Km dari Kota Waingapu. Perjalanan dari Kota Waingapu ke Pantai Watuparunu dapat kita tempuh dalam waktu sekitar 2 jam. Jalan ke pantai ini sebagian besar sudah bagus, hanya sedikit melewati jalan tanah, tapi itupun jalannya sudah bagus sehingga mobildapat dengan mudah masuk ke pantai ini.

Pantai ini memiliki pasir yang luas dan ombak yang besar , sangat cocok untuk surfing. Garis pantainya panjang. Jika kita melihat ke sebelah kanan maka kita akan melihat pelabuhan.

Di dekat pantai Kalala ada penginapan bernama Watulibung Resort. Untuk makanan bisa membawa sendiri dan dinikmati di pantai atau bisa juga pesan di Resort terdekat.


Semoga bermanfaat, feel free to ask, thank you.



EmoticonEmoticon