Thursday, June 1, 2017

Bukit Wairinding, Tempat Melihat Bukit Sabana yang Luas di Sumba Timur


Bukit Wairinding
Apa yang terlintas di pikiran kamu ketika mendengar tentang Sumba? Bagaimana kalau kita melihat landscape tanah Sumba? Dari pesawat terlihat padang savana yang luas, tempat hewan-hewan ternak berkeliaran bebas memakan rerumputan. Yuk kita lihat lebih dekat dengan jalan darat, menginjakkan kaki kita di tanah savana, Pulau Sumba. Kali ini perjalanan kita ke tempat yang sejauh mata memandang adalah bukit luas nan jauh seakan tiada ujungnya. Langsung aja ke Bukit Wairinding.
Bukit Wairinding ini terletak di sebelah barat Kota Waingapu, jarak dari Kota Waingapu hanya sekitar 30 km. Dari Kota Waingapu kamu hanya perlu ikuti jalan raya menuju Kabupaten Sumba Barat atau Waikabubak. Jalannya sudah bagus, sudah diaspal, jadi tidak perlu khawatir medannya susah. Dari arah Kota Waingapu kamu sudah melihat danau di sebelah kiri jalan maka bukit ini sudah dekat, sekitar 5menit dari danau nanti di sebelah kanan ada rumah yang pemiliknya berjualan rumput, kalau tidak salah ingat cat rumahnya warna biru. Kamu bisa tanya ke penduduk setempat supaya tidak terlewat ya. Jangan malu bertanya nanti tersesat.

Di sepanjang perjalanan kamu akan melihat pemandangan yang menarik seperti Patung Kuda, Danau Tadah Hujan, Bukit Raksasa Tidur, dan rumah penduduk yang khas Sumba serta bukit-bukit. Kalau kamu perhatikan di sebelah kanan jalan ada bukit yang terlihat seperti raksasa yang sedang tidur. Nah, karena bentuknya yang seperti raksasa tidur inilah maka sering disebut Bukit Raksasa Tidur. Kalau ada waktu bisa berhenti sejenak untuk foto-foto dengan latar Bukit Raksasa Tidur ini, tapi hati-hati ya dengan kendaraan yang lewat karena letaknya di tepi jalan raya. Gambarnya dibawah ya.
Bukit Raksasa Tidur

Waktu tempuh ke tempat ini cukup singkat, hanya dengan 30-40 menit saja kamu sudah bisa sampai di tempat ini. Waktu yang cocok untuk kesini itu di pagi atau sore hari karena kalau siang pastinya panas banget ya kan guys, kalau malam ga panas tapi malah ga keliatan dong bukitnya.
Ngomong-omong kenapa sih harus jauh-jauh dari Kota Waingapu hanya untuk melihat bukit? Jawabannya mungkin karena bukit yang paling bagus viewnya ya disini dan mungkin juga karena udah terkenal, denger-denger di bukit ini pernah buat syuting film loh. Artisnya Nikolas Saputra, Reza Rahardian, Eva Celia, Tara Basro, Christine Hakim, dll. Judul filmnya Pendekar Tongkat Emas dirilis tahun 2014.

Foto dengan anak-anak di bukit Wairinding
Di tempat ini kamu akan disambut oleh anak-anak kecil yang dengan senang hati akan menunjukkan tempat bukitnya. Jangan lupa permisi sama pemilik rumah ya karena kita lewat di samping rumahnya, dan rumah satu-satunya ya hanya rumah itu, tetangganya jauh. Mereka juga senang kok diajak foto-foto, untuk mereka yang sudah mengantarmu, kamu kasih aja uang seikhlasnya. Sampai dengan saat postingan ini ditulis, biaya masuk kesana gratis, paling hanya membayar biaya parkir saja. Tetapi ke depannya pemilik bukit akan mengelola tempat ini sehingga kemungkinan ke depannya akan dikenakan biaya untuk masuk ke tempat ini. Apakah bukit ini milik perorangan? Jawabannya adalah Iya teman-teman jadi segeralah kesana mumpung masih gratis dan alami.

Di Bukit Wairinding ini kamu akan melihat bukit yang luas sekali, hingga sampai ujung pemandanganpun hanya  bukit. Di musim hujan rumput disini hijau, sehingga membuatnya seperti bukit teletubies (film anak-anak tahun 90-an). Tetapi jika musim kemarau rumputnya agak menguning teman-teman. Saya sendiri sudah dua kali kesini, yang pertama waktu awal tahun dan masih sering hujan sehingga hijau bukitnya, yang kedua di bulan mei dan sudah jarang hujan sehingga rumput agak kuning. Foto bukitnya di atas dan di bawah ya.

Paragraf di bawah ini merupakan paragraf mengenai update informasi tentang bukit Wairinding.

Pada saat saya posting, informasi di peta google belum ada. Sekarang informasi di peta google sudah ada sehingga akan saya tambahkan link dari peta google untuk memudahkan dalam mencari lokasi Bukit Wairinding ini. Untuk melihat langsung di peta google silakan klik disini.

Jika ingin melihat foto-foto Bukit Wairinding dari sudut pandang lain, silakan mampir ke Instagram saya @supomohanasti

Semoga bisa menjadi salah satu referensi buat kamu yang ingin ke Sumba atau yang sudah ada di Sumba sekedar untuk melepaskan kepenatan dari rutinitas. Semoga bermanfaat, feel free to ask, thank you.
Bukit Wairinding di Musim Hujan



EmoticonEmoticon