Saturday, August 5, 2017

6 Wisata Pantai di Sumba Timur yang Dekat dengan Kota Waingapu

Indonesia Timur memang terkenal dengan pantainya yang eksotis. Kamu tidak akan menyesal mengunjungi pantai-pantai di bagian timur nusantara. Pantainya yang sebagian besar masih alami, pasir putih, airnya yang berwarna biru, hingga langit yang hampir selalu cerah menjadikannya surga pantai Indonesia. Cocok banget buat kamu yang ingin menghabiskan liburan musim panas.

Salah satu destinasi yang recommended di Indonesia Timur adalah Pulau Sumba. Pulau di bagian selatan Indonesia Timur yang masuk di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau Sumba ini terdiri dari 4 Kabupaten, salah satunya Sumba Timur dengan kotanya Waingapu. Salah satu yang menarik dari Waingapu adalah wisata pantainya.

Waingapu merupakan pusat kota di Kabupaten Sumba Timur. Kota ini adalah salah satu pintu gerbang wisata untuk menjelajah Pulau Sumba karena disinilah terletak Bandara Umbu Mehang Kunda dan Pelabuhan Waingapu.

Bagi kamu yang punya waktu dan dana yang terbatas mungkin pengen tahu apa saja pantai yang dekat dengan Waingapu. Tenang saja sob, pantai-pantai terindah yang dekat dengan Kota Waingapu ini tidak akan membuatmu kecewa, yuk kita tengok pantai apa saja yang dekat dari Waingapu ini.

1. Pantai Padadita (Padadita Beach Hotel)

Padadita Beach adalah sebuah hotel yang langsung menghadap ke laut, terletak di pinggiran kota Waingapu. Hotel memiliki area pantai berpasir dan menyediakan tempat untuk duduk-duduk sambil menikmati makanan dan minuman serta pemandangan pantai. Jika ingin menginap yang tidak terlalu jauh dari kota (tidak terlalu jauh maksudnya pakai kendaraan bermotor ya, kalau jalan kaki ya jauh) sambil menikmati pemandangan pantai mungkin hotel ini bisa menjadi pilihan.

Pantainya sendiri tidak terlalu luas, namun jika ingin menginap sambil menikmati suasana pantai dan tidak jauh dari kota, mungkin ini adalah pilihan yang tepat. Coba bayangkan nikmatnya bangun pagi sambil minum kopi atau teh sambil menghadap ke pantai dengan suara ombak dan angin sepoi-sepoi.

2. Pantai Maramba (Maramba Beach and Resort)

Pantai Maramba merupakan sebuah resort yang dekat dengan Kota Waingapu, berjarak sekitar 10 Km dari kota. Akses jalan kesini sudah bagus, jalan raya sudah aspal sampai jalan masuk ke resort. Jalan masuk ke resort masih tanah tetapi sudah rata, jarak dari jalan raya ke pantainya sendiri sekitar 1 Km saja.

Di Maramba Beach and Resort ini kalian bisa menikmati pemandangan pantai sambil menikmati makanan dan minuman yang disediakan pengelolanya. Untuk harga makanan dan minuman menurut saya harga standar restaurant ya, menurut saya wajar karena yang dijual bukan hanya makanan dan minuman tetapi juga pemandangan dan suasana pantai. Tempatnya pun sudah ditata dengan baik, sehingga kita bisa berfoto di spot-spot yang ada. Maramba Beach and Resort juga menyediakan penginapan bagi yang ingin bermalam.

Yang menarik dari tempat ini adalah kalian bisa melihat sunrise, penataan tempat yang baik, terdapat rumah yang mengambil konsep rumah adat sumba terletak menjorok ke laut, serta kuliner dan akomodasi yang lumayan lengkap. Sayangnya di tempat ini kurang nyaman untuk mandi di pantai karena bukan pantai pasir.

3. Pantai Londa Lima

Pantai Londa Lima terletak di Desa Kuta, berjarak sekitar 12 Km dari Kota Waingapu. Pantai ini berdekatan dengan Maramba Beach and Resort. Waktu tempuh ke pantai ini sekitar 20 sampai 30 menit dari Kota Waingapu

Pantai ini merupakan pantai berpasir ketika airnya pasang, sangat cocok untuk mandi. Akan tetapi ketika airnya surut, banyak karang (karangnya tertutup air ketika airnya pasang). Pantai ini juga pilihan yang bagus jika ingin menikmati matahari terbit / sunrise di Sumba.
Di pantai ini tidak ada yang berjualan makanan dan minuman, jika ingin makan dan minum sebaiknya membawa bekal dari rumah.

Yang saya sukai dari pantai ini adalah lokasinya yang dekat dengan Kota Waingapu dan area pantai yang luas serta dapat melihat sunrise. Namun sayangnya jika air surut banyak karangnya sehingga membuat pantai tampak tidak terlalu bersih.

4. Pantai Puru Kambera

Pantai Puru Kambera terletak di Desa Mondu, berjarak 26 Km dari Kota Waingapu. Waktu tempuh ke pantai ini sekitar 60 menit dari Kota Waingapu. Pantai ini searah dengan Pantai Londa Lima, hanya lebih jauh jaraknya.

Pantai ini merupakan pantai yang berpasir dengan air yang bersih dan biru, sehingga cocok untuk mandi. Selain menikmati pantai, di sepanjang perjalanan kita akan menjumpai padang sabana yang luas, terkadang kuda-kuda berlarian di padang tersebut. Untuk masuk ke pantai ini sebenarnya banyak jalannya, tinggal dipilih mana yang sesuai.

Terdapat penginapan dan restoran yang bernama Pondok Cemara, menyediakan penginapan serta makanan dan minuman. Untuk harga penginapannya sekitar satu jutaan. Harga makanan dan minuman standar restaurant ya.

Saya pribadi sangat suka dengan pantai Puru Kambera ini karena pantainya luas dan bersih, di pinggir pantai terdapat pohon cemara yang teduh. Selain itu di perjalanan menuju pantai kita dapat melihat pemandangan padang sabana yang luas sekali.

5. Pantai Walakiri

Pantai Walakiri tidak searah dengan pantai-pantai sebelumnya. Dari Kota Waingapu kita menuju ke arah bandara kemudian lanjut terus mengikuti jalan. Berjarak sekitar 24 Km dari Kota Waingapu, membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk sampai ke Pantai Walakiri.Di Pantai Walakiri kita akan menemukan pemandangan berupa pantai berpasir putih. Di tepi pantai banyak pohon kelapa. Jika airnya surut kita dapat berjalan ke agak masuk ke dalam untuk berfoto dengan pohon-pohon bakau. Sejauh ini waktu yang pas kesini adalah sore hari.

Saya sangat suka ke pantai ini pada sore hari karena sunset-nya, ditambah lagi jika tingginya air pas maka bisa mendapatkan foto refleksi seperti gambar disamping. Pantainya juga bersih dan sangat luas, buat mandi sangat pas dan kadang ada yang jual kelapa muda lho disini.

6. Pantai Laipori

Pantai Laipori searah dengan Pantai Walakiri, memerlukan waktu sekitar 60 menit dari Kota Waingapu. Jarak dari Kota Waingapu kemungkinan sekitar 28 Km.

Dari Pantai Laipori ini kita bisa melihat Pantai Walakiri dan juga sebaliknya. Yang membuat istimewa pantai ini selain pasir dan airnya yang biru adalah adanya karang yang agak menjorok ke laut.
Yang saya sukai dari pantai ini adalah terdapat tebing yang menjorok ke lautan, sehingga bisa melihat laut dari atas tebing. Untuk kebersihan pantai saya rasa lebih bersih pantai Walakiri.

Tebing-tebingnya tidak tinggi, pas banget buat foto-foto loh sob. Tapi tetap harus hati-hati ya kalau mau foto jangan sampai jatuh.

Tips sebelum liburan ke pantai

Sebelum pergi ke pantai-pantai diatas ada baiknya kita persiapkan sunblock supaya kulit tidak terbakar. Selain itu juga bisa mempersiapkan sunglasses untuk melindungi mata kita atau menambah kece waktu foto. Terakhir, jangan lupa persiapkan baju ganti kalau mau mandi di pantai ya. Ingat, persiapan yang matang membuat traveling kamu nyaman dan aman.

Buat kamu yang pengen menghabiskan liburan dengan travel ke berbagai tempat di nusantara, coba deh tengok blognya RedDoorz. Disana menyediakan berbagai macam rekomendasi tempat wisata, penginapan, tempat makan, serta tips dan trik untuk melengkapi liburanmu. Kamu bisa mengunjungi blognya RedDoorz dengan cara klik DISINI.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi kamu yang sedang atau ingin liburan musim panas di Waingapu. Jika ada saran atau ada yang ingin ditanyakan jangan segan-segan tulis di kolom komentar ya. Have a nice and happy traveling, Thank you.


EmoticonEmoticon